Sunday, February 3, 2013

Naik Rempele (Mah Bai)

Naik Rempele (Mah Bai)
Naik rempele (mah bai) maksudnya mengantar pengantin laki-laki ke rumah pengantin perempuan untuk dinikahkan. Naik Rempele ini juga sering disebut mah bai. Calon aman mayak ini diantar oleh seluruh lapisan masyarakat kampung/belah. Dia diapit oleh dua orang pemudi, sampai ke tangga rumah calon inen mayak. Di tanggal ini calon aman mayak disuguhkan minuman santan dan ditawari oleh kaum ibu dari kampung/belah calon inen mayak. Ketika masuk ke rumah, dia diapit oleh dua orang pemuda, pengganti pemudi tadi. Setelah segalanya rampung, maka calon aman mayak ini dinikahkan oleh orang tua calon inen mayak. Setelah dinikahkan maka resmilah sebutan inen mayak bagi si gadis, dan aman mayak bagi si pemuda.
Selesai akad nikah, aman mayak dibawa ke kamar inen mayak untuk dipertemukan. Sebelum keduanya berpandang-pandangan salam pertama adalah inen mayak menyembah ujung jari kaki aman mayak sebagai perlambang si isteri akan patuh kepada suami. Setelah sembah tadi yang dinamakan semah pincung, maka aman mayak dan inen mayak ke luar kamar dan disandingkan, kemudian salah seorang orang tua memberi nasehat, yang dalam bahasa Gayo disebut nosah ejer marah. Selesai acara ini, para bapak meninggalkan ruangan. Yang tinggal di sini adalah seberu, sebujang, dan sedikit kaum ibu. Kedua aman dan inen mayak ini diplonco oleh seberu sebujang. Kedua penganten diadu kepalanya, didekat badannya, dan perlakuan-perlakuan yang lain. Perlakuan seperti tersebut tidak begitu lama waktunya hanya sekitar dua atau tiga jam saja. Dalam bahasa Gayo perpeloncoan ini disebut nyentur. Selesai nyentur, aman mayak diantar pulang ke kampungnya.
Malam pertama, pertemuan antara aman mayak dan inen mayak, penuh liku-liku dan melelahkan. Sekitar pukul 22.00 WIB aman mayak diantar oleh tiga atau emapt temannya, dari rumahnya menuju rumah inen mayak. Sesampai di tujuan, aman mayak dan temannya disuguhi minum kopi. Sebentar kemudian pengantar pulang, dan aman mayak dikasih makan. Selesai makan aman mayak dibawa seberu menuju kamar inen mayak. Di sana si inen mayak tidak boleh langsung berjumpa dengan inen mayak, tapi harus bercerita dulu dengan si seberu
Previous Post
Next Post

0 komentar: